Monday, April 28, 2014

Harper Lee Setuju Ada Versi Digital Novel To Kill a Mockingbird

Alabama - Harper Lee setuju novelnya yang sangat terkenal itu, To Kill a Mockingbird, akan tersedia dalam versi digital dengan format ebook dan audiobook. Dalam pernyataan publik yang dirilis melalui penerbitnya, HarperCollins, Lee mengatakan: "Saya masih bergaya kuno. Saya suka buku-buku tua dan perpustakaan berdebu. Saya kagum dan terharu bahwa Mockingbird telah bertahan selama ini. Ini adalah Mockingbird untuk generasi baru."

Pengumuman itu terjadi hampir setahun setelah ia menggugat mantan agennya amuel Pinkus untuk mendapatkan kembali hak untuk novelnya. Lee mengklaim dia telah ditipu untuk menandatangani hak cipta.

Gugatan itu selsai September lalu. Pengacara Lee, Gloria Phares, mengatakan pada waktu itu bahwa kasus tersebut telah diselesaikan dan memenangkan penulis, dengan "hak ciptanya dijamin ada padanya."

Novel pemenang Pulitzer itu akan dirilis secara digital pada 8 Juli .

Novel Lee diterbitkan pertama kali pada Juli 1960, dan terjual lebih dari 30 juta kopi di seluruh dunia, dan jumlahnya naik lebih dari 1 juta eksemplar per tahun, menurut HarperCollins.

Karya ini diadaptasi menjadi sebuah film tahun 1962 dengan judul sama, yang menampilkan pemenang Oscar oleh Gregory Peck sebagai Atticus Finch, pengacara berani Alabama yang membela seorang pria kulit hitam menghadapi tuduhan bahwa ia memperkosa seorang wanita kulit putih.

Lee tidak pernah menerbitkan buku lain, yang sepertinya hanya untuk menambah daya tarik novel ini , dan selama beberapa dekade ia telah menolak wawancara dan tampil di dpean publik . Dia berumur 88 pada hari Senin 28 April 2014 dan hidup di daerah asalnya, Alabama.

Karya lain yang masih belum tersedia dalam format ebooks antara lain The Autobiography of Malcolm X dan One Hundred Years of Solitude karya Gabriel García Márquez.

Guardian | Abdul Manan

TEMPO.CO | SENIN, 28 APRIL 2014 | 22:11 WIB

No comments: