Skip to main content

Iran Klaim Gagalkan Upaya Pembunuhan oleh Mossad

Tehran - Korps Elite Garda Revolusi Iran mengaku berhasil menggagalkan upaya pembunuhan oleh badan intelijen Israel, Mossad, terhadap salah satu ilmuwan nuklirnya. Soal ini disampaikan seorang pejabat senior Korps Elite Garda Revolusi Iran, Sabtu 3 Januari 2014.


"Dalam dua tahun terakhir, musuh Zionis berusaha keras untuk membunuh seorang ilmuwan nuklir Iran, namun kehadiran tepat waktu pasukan keamanan IRGC (Iran Revolutionary Guards Corps) menggagalkan operasi teroris itu," kata Kolonel Ya'qoub Baqeri, kepala penghubung Korps Penerbang Garda Revolusi, kepada kantor berita Iran, Fars News Agency.

Garda Revolusi "berkewajiban untuk melindungi nyawa para ilmuwan nuklir negara ini," kata Baqeri.

Menurut sebuah laporan media Amerika Serikat CBS News tahun lalu, pemerintahan Barack Obama menekan Israel untuk menghentikan upaya pembunuhan di dalam Iran terhadap ilmuwan nuklir negara itu. Pernyataan Obama ini disampaikan di tengah upayanya untuk menemukan kompromi dengan Iran soal program nuklir republik Islam itu.

Israel sendiri tidak pernah mengakui melakukan pembunuhan tersebut meski setidaknya ada lima ilmuwan Iran tewas, yang sebagian besar oleh bom mobil. Para pejabat Mossad menyimpulkan bahwa operasi pembunuhan semacam itu terlalu berbahaya bagi mata-matanya, kata laporan CBS News itu.

Dalam wawancara itu, Baqeri juga mengatakan bahwa Polisi Udara Iran dari IRGC telah menggagalkan plot Negara Islam atau ISIL untuk membajak pesawat penumpang Iran dalam beberapa tahun terakhir. "ISIL dan kelompok Salafi lainnya berusaha untuk memukul negara kita dengan cara ini, tapi untungnya, mereka tidak berhasil melaksanakan rencananya," kata Baqeri.

Jerusalem Post | Abdul Manan

http://www.tempo.co/read/news/2015/01/04/115632776/Iran-Klaim-Gagalkan-Upaya-Pembunuhan-oleh-Mossad

Comments

Popular posts from this blog

Melacak Akar Terorisme di Indonesia

Judul: The Roots of Terrorism in Indonesia: From Darul Islam to Jemaah Islamiyah Penulis: Solahudin Penerbit: University of New South Wales, Australia Cetakan: Juli 2013 Halaman: 236