Skip to main content

Juri Memvonis Bersalah Lima Pembunuh Jurnalis Anna Politkovskaya

Juri di Pengadilan Kota Moskow, Selasa 20 Mei 2014, memvonis bersalah lima terdakwa dalam kasus pembunuhan wartawan investigasi dan pengkritik Kremlin Anna Politkovskaya tahun 2006. Dua dari lima terdakwa itu sebelumnya sempat divonis bebas.

Dalam putusannya, juri mengatakan, pemimpin dari para terdakwa ini, Lom-Ali Gaitukayev, bersalah karena mengorganisir pembunuhan dan menciptakan kelompok kriminal untuk pembunuhan itu.

Pembunuhan terhadap Politkovskaya menyedot perhatian publik soal risiko yang dihadapi oleh warga Rusia yang menantang pemerintah Rusia di bawah Vladimir Putin.

Para terdakwa adalah tiga bersaudara dari Chechnya, yang salah satunya dituduh menembak Politkovskaya di lobi gedung apartemennya di Moskow, 7 Oktober 2006.

Hukuman ini jadi kemenangan bagi jaksa Rusia dan pemerintah, tetapi aktivis hak asasi manusia dan kerabat Politkovskaya mengatakan bahwa keadilan belum ditegakkan sampai orang-orang yang memerintahkan pembunuhan diidentifikasi dan dihukum.

"Pembunuhan itu hanya bisa diselesaikan saat nama orang yang memerintahkan diketahui," kata pengacara untuk keluarga Politkovskaya, Anna Stavitskaya, seperti dikutip oleh kantor berita RIA.

Stavitskaya menyambut baik putusan juri itu tetapi mengatakan bahwa para pria yang dinyatakan bersalah ini "hanya beberapa dari orang-orang yang harus dibawa ke pengadilan."

Juru bicara komite investigasi federal Rusia, Vladimir Markin , mengatakan, pihak berwenang sedang melakukan semua yang mereka bisa untuk mengidentifikasi dan melacak orang di belakang pembunuhan itu.

Pengkritik Kremlin mengatakan, mereka ragu bahwa penyidik akan menemukan otak pembunuhan ini karena ada kecurigaan bahwa jejak dari pelaku ini mengarah ke orang dekat pemerintah.

Politkovskaya, reporter untuk Novaya Gazeta, 48 tahun, ditembak mati saat kembali ke apartemennya setelah berbelanja untuk bahan makanan. Ia dikenal karena pelaporannya soal pelanggaran HAM di provinsi utara Kaukasus Chechnya.

Pengacara terdakwa -Rustam Makhmudov, saudara-saudaranya Ibragim dan Dzhabrail, paman mereka Lom-Ali Gaitukayev, dan mantan perwira polisi Moskow Sergei Khadzhikurbanov - mengatakan, mereka akan mengajukan banding atas vonis ini.

Penyidik mengatakan Gaitukayev mengorganisir logistik pembunuhan saat berada di penjara karena masalah lain, sementara Khadzhikurbanov bertanggung jawab untuk mempersiapkan pembunuhan dan Ibragim dan Dzhabrail Makhmudov membantu melacak Politkovskaya. Ibragim dan Dzhabrail Makhmudov dan Khadzhikurbanov sebelumnya dibebaskan.

Kelima orang akan dihukum, kemungkinan dengan penjara seumur hidup, oleh hakim dalam sidang berikutnya. Jaksa akan merekomendasikan hukuman dalam sidang hari Rabu 21 Mei 2014

GUARDIAN | ITAR TASS | ABDUL MANAN

Comments

Popular posts from this blog

Melacak Akar Terorisme di Indonesia

Judul: The Roots of Terrorism in Indonesia: From Darul Islam to Jemaah Islamiyah Penulis: Solahudin Penerbit: University of New South Wales, Australia Cetakan: Juli 2013 Halaman: 236