Skip to main content

Korea Utara Ditengarai Siapkan Ujicoba Nuklir Keempat

Seoul - Korea Utara mungkin sedang bersiap untuk melaksanakan uji coba nuklir keempat, kata Kementerian Pertahanan Korea Selatan, Selasa 22 April 2014. Indikasinya terlihat dari peningkatan aktivitas signifikan di instalasi nuklir Korea Utara di Punggye-ri.


"Militer kami saat ini mendeteksi banyak kegiatan di dalam dan di sekitar lokasi uji coba nuklir Punggye-ri," kata Kim Min-Seok, Juru Bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan, seperti dilansir media Inggris, Guardian edisi 22 April 2014.

"Kami sedang memikirkan kemungkinan bahwa Korea Utara mungkin melakukan uji coba nuklirnya sebagai kejutan atau hanya berpura-pura untuk melakukan uji coba nuklirnya," kata Kim. Dia menambahkan, kepala staf gabungan Korea Selatan telah membentuk gugus tugas khusus jika Pyongyang jalan terus dengan ujicoba peledakan di bawah tanah.

Barack Obama dijadwalkan tiba di Korea Selatan pada hari Jumat 25 April 2014 dalam kunjungan ke empat negara di Asia. Ada spekulasi luas bahwa Korea Utara mungkin melancarkan provokasinya bertepatan dengan perjalanan presiden Amerika Serikat tersebut.

Kim menekankan bahwa program senjata nuklir Korea Utara saat ini pada tahap di mana ia bisa melakukan ujicoba "setiap saat" setelah ada perintah dari para pemimpinnya di Pyongyang.

Korea Utara sejauh ini telah melakukan tiga ujicoba nuklir, yaitu pada tahun 2006, 2009, dan 2013. Semuanya dilakukan di instalasi nuklir Punggye-ri.

GUARDIAN | ABDUL MANAN

Comments

Popular posts from this blog

Melacak Akar Terorisme di Indonesia

Judul: The Roots of Terrorism in Indonesia: From Darul Islam to Jemaah Islamiyah Penulis: Solahudin Penerbit: University of New South Wales, Australia Cetakan: Juli 2013 Halaman: 236