Snowden Resmi Ajukan Suaka ke Rusia

Moskow - Edward Snowden, pembocor program intelijen Amerika Serikat, akhirnya mengajukan suaka kepada pemerintah Rusia, Selasa waktu setempat. Menurut pengacara Snowden, Anatoly Kucherena, permintaan suaka sementara ini diajukan karena ia khawatir akan dianiaya dan disiksa jika dipulangkan ke Amerika Serikat.


Situs pembocor informasi rahasia, WikiLeaks, dan Dinas Federal Imigrasi Rusia membenarkan adanya permintaan suaka dari Snowden. Wikileaks adalah organisasi yang memberi nasihat dan membantu Snowden selama masa pelarian.

Menurut analis hukum di Moskow, dengan permintaan suaka ini, maka Pemerintah Rusia dapat mengeluarkan dokumen kepada Snowden sehingga memungkinkan dia bergerak bebas di sekitar Rusia setelah aplikasinya diproses Dinas Imigrasi. Proses suaka ini dapat memakan waktu hingga lima hari untuk kajian awal.

Pemeriksaan secara penuh atas permintaan suaka bisa memakan waktu hingga tiga bulan dan bisa diperpanjang sampai dua kali lipat jika badan itu merasa perlu lebih banyak waktu untuk menimbang baik-buruknya permintaan tersebut. Jika suaka dikabulkan, Snowden akan diizinkan tinggal dan bekerja di Rusia selama satu tahun, dan bisa diperpanjang lagi tahun berikutnya.

Kucherena mengatakan, ia bertemu mantan analis sistem badan intelijen Amerika, National Security Agency (NSA) itu di zona transit Bandara Sheremetyevo di Moskow, untuk memberinya nasihat hukum. Setelah pertemuan itulah Snowden mengajukan permintaan suaka.

Snowden terjebak di bandara itu sejak ia tiba dari Hong Kong pada 23 Juni. Dari sini, Snowden mengajukan suaka ke 21 negara, tapi baru tiga yang meresponsnya: Venezuela, Nikaragua, dan Bolivia. Namun karena paspor Amerikanya dicabut, proses untuk mencapai negara itu jadi rumit.

Saat bertemu aktivis hak asasi manusia di bandara Sheremetyevo, Jumat pekan lalu, Snowden mengatakan, ia akan mencari perlindungan sementara di Rusia sampai ia bisa terbang ke salah satu negara Amerika Latin yang telah menawarinya suaka itu.

Saat ditanya soal permintaan suaka ini, Presiden Rusia Vladimir Putin belum memberikan kepastian. "Hubungan bilateral, menurut pendapat saya, jauh lebih penting daripada pertengkaran tentang kegiatan dinas rahasia, " kata Putin kepada wartawan saat melakukan kunjungan ke kota timur Siberia, Chita, kemarin.

Namun Putin menegaskan, Snowden harus setuju untuk tak melakukan apa pun yang merugikan Amerika jika ingin mendapatkan suaka dari Rusia. Secara terpisah, Anatoly Kucherena mengatakan, Snowden akan memenuhi permintaan Putin itu.

CBS NEWS | REUTERS | ABC | ABDUL MANAN

TEMPO.CO | KAMIS, 18 JULI 2013 | 06:19 WIB

Comments

Popular posts from this blog

Metamorfosa Dua Badan Intelijen Inggris, MI5 dan MI6

Kronologis Penyerbuan Tomy Winata ke TEMPO