Skip to main content

Pengunduh Indoleaks Tembus 1 Juta

Sabtu, 18 Desember 2010 | 09:56 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta - Dalam waktu delapan hari, pengunjung laman Indoleaks sudah diunduh lebih dari 1 juta. Hingga Sabtu (18/12/2010) pagi, sudah ada 1.055.00 pengunjung yang sudah tercatat mengunduh dokumen dari laman yang kehadirannya dimaksudkan "sebagai jawaban atas kebuntuan informasi" tersebut.

Hingga hari ini, ada sejumlah dokumen yang diunggah dalam laman ini. Jenis dokumennya bervariasi, dari soal di dalam negeri seperti lumpur Lapindo sampai soal urusan luar negeri seperti transkrip rekaman percakapan antara bekas Presiden Indonesia di masa Orde Baru, Soeharto, dengan Presiden Amerika Serikat.

Dokumen tentang Lapindo yang diunggah berjudul “Preeliminary Report on the Factors and Causes in The Loss of Well Banjar Panji-1”. Dokumen ini dikeluarkan oleh Simon Wilson C.Eng. M.Sc. dari D.I.C Petroleum Consultant.

Indoleaks juga mempublikasikan dokumen perjanjian rahasia antara pemerintah RI dengan Microsoft, yang isinya antara lain menyebutkan Pemerintah RI akan membeli 35.496 salinan Microsoft Windows dan 177480 salinan Microsoft Office.

Selain itu, yang juga dikeluarkan adalah dokumen visum et repertum terhadap jenderal-jenderal yang terbunuh dalam peristiwa gerakan 30 September 1965. Visum menunjukkan bahwa tak ditemukan luka penyiksaan dalam tubuh para jenderal itu --fakta yang sangat berbeda dengan apa yang disampaikan pemerintah Orde Baru selama ini.

Dokumen terakhir yang diunggah adalah terkait pengusutan kasus bank Century. Hingga hari ini, setidaknya ada tiga posting dari pengelola Indolekas terkait skandal perbankan ini, yang masing-masing posting berisi empat sampai lima file.

Abdul Manan

Berita terkait:





Comments

Popular posts from this blog

Melacak Akar Terorisme di Indonesia

Judul: The Roots of Terrorism in Indonesia: From Darul Islam to Jemaah Islamiyah Penulis: Solahudin Penerbit: University of New South Wales, Australia Cetakan: Juli 2013 Halaman: 236