Monday, October 18, 2010

Printer Laser Warna Laser Terkecil di Dunia dari HP

SELASA, 19 OKTOBER 2010 | 06:40 WIB

TEMPO Interaktif, Singapura - Hewlett-Packard mengenalkan printer lassr warna terkecil dalam HP Innovation Summit: Accelerate Today for Impact Tomorrow 18-19 Oktober 2010, di Singapura. Dalam siaran persnya, Selasa (19/10/2010), HP menyatakan, meski kecil, komputer ini memiliki fitur lengkap seperti sejumlah printer terbaru dari perusahaan ini, yaitu ePrint.

Menurut Leong Han Kong, Vice Presiden HP untuk LaserJet dan Enterprise Solution, lebih dari tiga tahun pengiriman laser warna meningkat 49 persen yang didorong oleh pertumbuhan di Cina, Korea dan Australia. Printer jenis baru ini sebagai jawaban atas kebutuhan yang meningkat akan printer warna untuk pengguna rumahan.

Dua printer yang disebut terkecil di dunia berdasarkan kebutuhan pengguna rumahan itu masing-masing HP Laserjet Pro CP1025 dan CP1025nw printer warna. Selain terkecil untuk di kelas yang sama, HP mengklaim printer ini juga sebagai salah satu printer yang sangat hemat energi untuk jenis printer laser. Fitur ePrint dan koneksi dengan internet untuk jenis yang disebut belakangan, dengan perkiraan harga sekitar US$ 229.

Dengan kemampuan ePrint, ada sejumlah keunggulan yang ditawarkan produk ini. Fitur ini memungkinkan penggunanya mencetak file saat berada jauh dari rumah, menggunakan perangkat apapun, melalui email yang dikirim ke alamat email yang dimiliki printer tersebut.

Printer lain dari HP yang juga memiliki fitur ePrint adalah HP Laserjet Pro CM1415fnw Color Multifunction. Printer ini punya layar sentuh yang membuatnya mudah dioperasikan. Tersedia di Asia pasifik dengan kisaran harga US$ 449. Ini adalah jenis printer pertama HP yang memiliki fitur ePrint dan penggunanya bisa mencetak file dari sejumlah gaget bergerak.

Lainnya adalah HP LaserJet pro CP1525 dan CP1525nw Color Printer, yang tersedia di kisaran harga US$ 299, HP LaserJet pro M1536dnf multifunction. Dengan label multifunction, printer ini bisa berfungsi sebagai printer, scanner, fotokopi dan mesin faks. Diklaim sebagai hemat energi sampai 50 persen, printer ini tersedia di Asia pasifik dengan kisaran harga US$ 299.

Untuk tipe 1415, ada fitur web-enabled. Penggunanya bisa mencetak file dari web yang dioperasikan melalui layar sentuh. Saat ini, sejumlah perusahaan berbasis web yang memiliki kerjasama dengan HP adalah Google Docs, Box.net, Biztree, Yahoo!7, Yahoo!Xtra. Pengguna dapat langsung masuk ke situs tersebut dari printer dan mencetaknya seketika, atau berbagi kepada orang lain. Untuk dua web yang disebut terakhir, layanannya baru tersedia masing-masing untuk Australia dan Selandia Baru.

Google Docs adalah layanan dari Google yang digunakan oleh banyak orang untuk menyimpan dan sharing dokumen, Box.net lebih kurang sama: penggunanaya bisa untuk menscan, mengatur dan berbagi file secara online. Untuk Biztree adalah layanan yang menyediakan template dokumen bisnis. Selain versi berbayar, ada juga template dokumen yang sifatnya gratis. Untuk Yahoo!7 dan Yahoo!Xtra adalah situs berita terbaru.

Dengan fitur ini, maka proses analog menjadi digitial, begitu pula sebaliknya, jadi lebih mudah. Sebuah dokumen, atau rancangan arsitektur, bisa discan di printer dan langsung dikirim melalui email ke kolega pengguna. Begitu pula sebaliknya. Sejumlah gaget bergerak juga bisa mencetak file secara langsung ke printer ini.

Printer lain adalah HP Color LaserJet Enterprise CM4540 printer multi fungsi, yang tersedia dengan kisaran harga US$ 3.799 sampai US$ 5.549, HP Color LaserJet Enterprise CP5520 antara US$ 2.499 sampai US$ 4.399. Printer 4540 dan 5520 adalah untuk industri. Keduanya juga sama-sama punya fitur ePrint. Untuk 4540, juga bisa berfungsi sebagai scanner dan faksimile.

Abdul Manan (Singapura)

Berita terkait:

No comments: