Skip to main content

Indonesia-Malaysia Sepakat Redakan Ketegangan

Senin, 07 Maret 2005 | 13:06 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Pemimpin Indonesia dan Malaysia sepakat untuk meredakan ketegangan di Ambalat. Kesepakatan ini merupakan hasil pembicaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Malaysia Abdullah Badawi, melalui telpon, Senin (7/3).

Menurut Juru Bicara Presiden Dino Pati Jalal, kesepakatan ini diperoleh setelah Badawi menghubungi Presiden. Pembicaraan terjadi saat Presiden berada di Bandara Halim Perdanakusumah, sesaat sebelum melakukan kunjungan ke Tarakan, sekitar 07.00 WIB. Pembicaraan berlangsung 10 menit.

Dino mengatakan, ada dua point penting dari pembicaraan itu. "Pertama, melihat perkembangan di lapangan, dua pemimpin sepakat mengenai perlunya usaha mengendalikan situasi. Kedua, dalam rangka itu dua pemimpin sepakat menugaskan dua Menteri Luar Negeri untuk membahas serius mengenai masalah ini," kata Dino.

Dalam kunjungan ke Tarakan, Presiden didampingi Menteri Koordinator Politik,Hukum dan Keamanan Widodo AS., Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Fahmi Idris, Menteri Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi, Panglima TNI Jenderal Endriartono Sutarto.

Abdul Manan - Tempo

Comments

Popular posts from this blog

Melacak Akar Terorisme di Indonesia

Judul: The Roots of Terrorism in Indonesia: From Darul Islam to Jemaah Islamiyah Penulis: Solahudin Penerbit: University of New South Wales, Australia Cetakan: Juli 2013 Halaman: 236