Skip to main content

Andi Malarangeng: SBY Konsentrasi pada Pemerintahan

Senin, 07 Pebruari 2005 | 20:51 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Juru Bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Andi Malarangeng, memastikan bahwa Yudhoyono lebih berkonsentrasi untuk menjalankan pemerintahan. Hal ini disampaikan Andi menjawab pertanyaan Tempo di Istana Negara, Senin (7/2), tentang adanya usulan Partai Demokrat Sumatera Selatan yang mencalonkan Yudhoyono sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

Menurut Andi, sikap Presiden sudah jelas dalam soal itu. "Presiden sudah jelas sejak awal bahwa beliau akan konsentrasi pada pemerintahan. Presiden mengatakan begitu," kata Andi. Saat ditanya kenapa Yudhoyono mau jadi Ketua Dewan Pengarah Kongres? Andi mengatakan, itu untuk mempersatukan adanya perselisihan atau miss comunication di dalam Partai Demokrat. Karena itulah, kata Andi, Yudhoyono lantas mempertemukan kedua kelompok di Cikeas, akhir pekan lalu.

Dalam pertemuan itu, kata Andi, akhirnya disepakati untuk menggelar kongres, pada Maret 2005. Dalam pertemuan di Ciekas tersebut, Presiden meminta agar komitmen itu dijaga sama-sama "Biarlah dalam kongres diputuskan secara demokratis siapa yang jadi ketua, pengurus, dan sebagainya," kata dia.

Presiden, kata Andi, sebatas membantu masalah di partai tersebut sampai selesai. Setelah itu presiden akan konsentrasi pada pemerintahan. "Pokoknya komitmen presiden adalah konsentrasi dalam pemerintahan," kata dia.

Abdul Manan - Tempo

Comments

Popular posts from this blog

Melacak Akar Terorisme di Indonesia

Judul: The Roots of Terrorism in Indonesia: From Darul Islam to Jemaah Islamiyah Penulis: Solahudin Penerbit: University of New South Wales, Australia Cetakan: Juli 2013 Halaman: 236