Skip to main content

Chomsky Serukan Perlawanan terhadap Spionase NSA

Massachusetts - Meluasnya program pengawasan yang dilakukan badan intelijen Amerika Serikat, National Security Agency (NSA), menghadapkan masyarakat pada dua pilihan yakni melawan atau ikut terlibat dalam dalam kegiatan spionase itu, kata Noam Chomsky, filsuf dan profesor linguistik dari Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Dalam diskusi panel yang diselenggarakan di kampus MIT, Cambridge, Jumat, 15 November 2013, Chomsky mengingatkan bahwa kebebasan yang dinikmati warga negara Amerika Serikat saat ini "bukan hadiah dari orang yang di atas". "Kebebasan ini dimenangkan oleh perjuangan masyarakat luas," kata Chomsky.

Soal pejabat AS yang mengutip bahwa 'keamanan nasional' disebut sebagai alasan untuk melakukan program pengawasan di dalam negeri, Chomsky mengatakan, argumen yang sama juga digunakan oleh "kebanyakan sistem mengerikan" lainnya dalam sejarah, seperti polisi rahasia Stasi di bekas Jerman Timur.

"Perbedaan kita dengan negara-negara totaliter adalah warga di sana tidak bisa melakukan banyak hal terhadap hal itu," kata Chomsky. "Jika kita tidak mempersoalkan penggunaan alasan keamanan dan memisahkan bagian-bagian yang sah dengan yang tidak sah, maka kita (juga sebenarnya) terlibat."

"Kita bisa yakin bahwa setiap sistem kekuasaan akan mencoba menggunakan teknologi terbaik yang tersedia untuk mengontrol dan mendominasi dan memaksimalkan kekuatan mereka," kata Chomsky. "Kita juga bisa yakin ... bahwa mereka ingin melakukannya secara rahasia."

Apa yang dibutuhkan saat ini adalah "adanya perdebatan serius tentang garis batas" ketika bicara soal program pengawasan atau spionase yang dilakukan pemerintah, kata wartawan investigasi dari Washington Post, Barton Gellman, dalam forum yang sama dengan Chomsky. Gellman adalah salah satu wartawan yang menerima bocoran dokumen program rahasia NSA dari eks analis lembaga itu, Edward Snowden.

Gellman mengatakan, ada perbedaan penting antara kegiatan pengawasan yang dilakukan AS dan langkah sama yang dilakukan Stasi. "Stasi diketahui sengaja dan untuk membungkam para penentangnya," katanya. "Saya tidak berpikir bahwa apa yang kita lihat di (AS) sini sama seperti itu."

Gellman mengatakan, smartphone adalah perangkat pelacakan yang sangat baik. "Mulai dari lokasi saya, dengan siapa saya berkomunikasi, apa yang saya cari," katanya sambil menunjukkan perangkat komunikasi pintarnya. "Saya membayar ke Verizon Wireless $ 1.000 per tahun untuk ini."

Gellman menambahkan, meskipun perusahaan telekomunikasi mendapatkan uang dengan cara menjual informasi pribadi pengguna telepon kepada pihak ketiga, pada saat yang sama NSA tidak bisa melakukan bagian dari tugasnya secara efisien jika perusahaan tidak menjual dan mempertahankan data pelanggannya.

Keterangan dari perusahaan telekomunikasi dan persyaratan layanan juga memang membatasi manfaat yang bisa didapat. "Umumnya, persyaratan layanan tertulis dengan mengatakan bahwa mereka bisa melakukan apa pun yang mereka inginkan, dalam banyak kata," kata dia. Bahkan meski pelanggan membacanya dengan saksama dan punya catatan yang sedang dibuat, kata Gellman, "Anda tidak memiliki cara untuk memantau apa yang mereka lakukan."

Belum jelas berapa banyak lagi pengungkapan di media dari bahan yang diberikan Snowden kepada Gellman dan wartawan lainnya di seluruh dunia. Menurut taksiran NSA, Snowden konon sudah membocorkan hingga 200.000 dokumen rahasia kepada wartawan, yang sebagian besar berlabel "sangat rahasia". "Soal dokumen Snowden ini masih jauh dari selesai," kata Gellman.

PCWORLD | ABDUL MANAN

TEMPO.CO | MINGGU, 17 NOVEMBER 2013 | 13:55 WIB

Comments

Popular posts from this blog

Melacak Akar Terorisme di Indonesia

Judul: The Roots of Terrorism in Indonesia: From Darul Islam to Jemaah Islamiyah Penulis: Solahudin Penerbit: University of New South Wales, Australia Cetakan: Juli 2013 Halaman: 236